Senin, 22 Desember 2014

Selamat Hari Ibu






Hai .. ! Sahabat Blue Angel , wah.. hari ini hari yang sangat spesial ya buat para Bunda-bunda se-tanah air ,  Selamat Hari ibu ^_^.  Pasti diantara sahabat Blue Angel ada yang udah nyiapin kado buat mama tersayang, atau ada yang masih mikir kado apa yang cocok buat mama ya?? Mungkin ada yang udah ngasih ke mamanya.  Yang pasti apapun kado yang kita kasih ke mama atau Bunda kita, dia bakalan terima dengan senang hati.  Yang namanya seorang ibu , mama atau Bunda mereka tak mengharapkan pemberian apa-apa dari kita. Yang penting kita bahagia dia juga bakalan lebih bahagia dari kita. Itulah kasih sayang seorang Bunda yang tak akan pernah bisa di tandingi oleh sebongkah berlian atau gunung emas. Bunda itu sangatlah mulia dan tinggi derajatnya, makanya kanjeng Nabi kita  Muhammad SAW menyebut  ibu sebanyak 3x didalam haditsnya.
                Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, belia berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.'” (HR. Bukhari  dan Muslim )

                Nah.. sudah bacakan haditsnya?, dan satu lagi informasi yang mimin kasih tahu.  Dulu pas mimin masih nyantren di kota santri kediri, salah ustazah mimin bilang kalau mencium kening Bunda itu sama halnya kita mencium  ka’bah dan pahalanya juga sama lho! .  Daebak kan..!   coba kalian mencoba cap cinta ala mimin ke Bunda pasti Bunda atau Mama sahabat Blue Angel bakalan seneng.  Gak usah malu atuh.., masak pegangan tangan sama pacar di depan umum gak malu tapi mencium kening Bunda malu. Semoga diantara kalian belum pernah ya pegangan tangan sama pacar didepan umum? Soalnya mimin juga gak pernah sih ! hihihi, kalau yang udah ngerasain ummm mending tobat deh ! tobat ! soalnya Kiamat sudah dekat kata orang hehe. Coba deh kalian pikir,Bunda aja dulu nahan malunya pas ngelahirin kita sama suster dan dokter , belum lagi kesakitan bahkan dia gak sekali nyium kening kita pas masi kecil. Pas mau tidur, pas bangun, pas di kasih susu dan yg lain2.  Kalok bisa mau sekolah, mau kuliah mau kerja atau pergi kemana gitu. Pas pamitan sama bunda, cium kening bunda dapet pahala gede belum lagi selamat dari perjalan akibat do’a Bunda hehe.  Oh.. iya Mimin mau curcol dikit ya bok.. tentang  nasihat ibu eke yang sedikit rempong buat eke. Aduh ! mimin jadi pakek bahasa bencong ya? Eh tapi mimin gak bencong kok, gak trans gender kok! Asli perempuan lho ! hehe.  Suatu hari pas mimin lagi tidur-tiduran sambil baca buku, ibu menghampiri mimin dan terjadilah percakapan seperti ini :

  Ibu : anak mana pacarmu sekarang?

  Aku : gak da bu..

  Ibu : makanya perbaiki penampilanmu, dulu umur segini pacar ibu banyak.

  Aku : ya elaah.. ngapain punya banyak pacar? ribet tau bu’!

 Ibu  : kamu gak belajar matematika ya? Masak anak teknik gak belajar matematika? Jika dalam suatu hubungan kamu dapat peluang  10% terus pacarmu 10. Berarti diantara 10 orang salah satunya bisa jadi pendangmping seumur hidupmu. Kalaok cuman satu pacarmu terus peluangmu cuman 10 % bagaimana? Ih.. ibu gak mau ya anak ibu jadi perawan tua. Kalok kamu punya pacar lebih dari satu, pas kamu di sakitin atau di selingkuhin kamu lebih tenang , kan bisa pindah ke yang lainnya. Yang selingkuh atau nyakitin tinggal di buang aja.

 Aku : aduuh.. , ibu pasti gak belajar kimia dulu ya? Yang namanya menggabungkan dua hati itu       sama kayak kimia. Untuk menggabungkan dua unsur harus ada kecocokan. Kalok udah cocok, peluangku gak 10% lagi tapi 100%. Atau seperti  rumus fisika dan biologi pada pohon mangga, ketika pohon mangga berbunga, maka  angin atau gaya gravitasi akan menarik bunga-bunga yang tidak akan bisa jadi buah. Kemudian  hasil fotosintesis akan membuat bunga yang bertahan menjadi buah sampai ia matang. Nah.. kalok udh berusaha setia tapi gak baik buat kita bakalan di tarik sama Allah, ntar juga dikasih petunjuk siapa yang baik dan bertahan sama aku bu. Bagaiamana?

 Ibu :  kamu gak sia-sia sekolah sampai kuliah sampai bisa ngeles seperti ini. Tapi kalok bisa cariin ibu menantu yang keren sedikit, jangan kayak bapakmu.

  Aku : hahaha... iya do’ain aku aja bu..
                                
                       Rempongkan ibunya mimin?,  temen-temen kampus mimin yang cowok pasti gak bakalan nyangka kalok ibu mimin ngasih nasihat masalah pacarannya seperti ini.  Mereka menyangka justru ibu miminlah yang gak ngasih mimin pacaran karena kalok temen cowok mimin dateng kerumah buat ngurus tugas atau apalah, ibu gak seramah seperti ke temen cewek mimin. Mukanya asem banget, kagak ada senyumnya sedikit pas mereka salaman, mungkin karena itu mimin gak di tembak sama temen-temen cowok mimin hihihihi.  Tapi walaupun begitu ibu mimin parnoan orangnya , walaupun mimin pacaran pasti gak bakalan dikasih keluar kencan apa malam minggu kayak orang pacaran biasanyalah.., ibu takut mimin kenapa-kenapa dan katanya gak baik juga dalam agama hehe. tapi kalok sekdar menjalin hubungan yg normalnya lah.. malah di suruh lebih dari satu hehe.
                Intinya untuk menunjukkan kasih sayang kita kepada ibu bukan pada hari ini saja tapi untuk seterusnya dengan pembuktian dalam tindakan. Seperti  berusaha membuat ibu tersenyum, tertawa dan bahagia yang paling pertama berbakti kepadanya. Ketika dia sudah tua jangan pernah sekali-kali membawa mereka ke panti jompo karena dulu tidak pernah membawa kita ke panti asuhan untuk dirawat semasa kecil kita. Kasih sayang seorang ibu sangat murni melebihi kemurnian emas, permata, berlian bahkan air dipegunungan, dan cintanya tidak akan pernah pudar seperti sang mentari yang tak lelah menyinari bumi. Buat sahabat Blue Angel yang terpisah dengan ibunya , karena sang Ibu sudah berada disisi Tuhan, mimin ikut berduka tapi masih bisa kok ngerayainnya dengan cara mengirim do’a buat sang ibu ke yang Maha Kuasa pasti Ibu bakalan seneng disana ^_^.kalau yang terpisah olek jarak dan waktu, telpon Ibulah buat sekedar ngucapin dan bilang kalok sahabat sayaang banget ma dia, kalok bisa di gombalin jangan pacar aja yang di gombalin hehe. Okey.. sahabat Blue Angel sampai disini ya curcolnya mimin dan sekali lagi selamat merayakan  Hari IBU ^_^.

Minggu, 03 Agustus 2014

Lebaran Ketupat





oke guys..!! aku mau cerita tentang lebaran ketupat hari ini. lebaran ketupat itu adalah lebaran kedua di daerahku sendiri yaitu lombok NTB. tepatnya seminggu setelah hari raya idul fitri, lebaran ketupat ini di adakan karena kebanyakan orang-orang lombok puasa setelah idul fitri selama enam hari dimana Rasulullah SAW bersabda :
"Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan lalu diiringinya dengan puasa enam hari bulan Syawal, berarti ia telah berpuasa setahun penuh."
(H.R Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa'i dan Ibnu Majah)

Rasulullah telah menjabarkan lewat sabda beliau:
"Barangsiapa mengerjakan puasa enam hari bulan Syawal selepas 'Iedul Fitri berarti ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Dan setiap kebaikan diganjar sepuluh kali lipat."
Dalam sebuah riwayat berbunyi:

"Allah telah melipatgandakan setiap kebaikan dengan sepuluh kali lipat. Puasa bulan Ramadhan setara dengan berpuasa sebanyak sepuluh bulan. Dan puasa enam hari bulan Syawal yang menggenapkannya satu tahun."
(H.R An-Nasa'i dan Ibnu Majah dan dicantumkan dalam Shahih At-Targhib).

                     oleh karena itu untuk merayakan hari kemenangan setelah puasa enam hari diadakanlah lebaran ketupat oleh masyarakat. kebiasaan di hari lebaran ketupat adalah pergi piknik bersama keluarga sambil makan ketupat. selain itu diadakan juga perang ketupat di daerah batu layar dimana masyarakat saling lempar menggunakan ketupat. emang adat yang satu ini agak kurang bener menurut aku, kenapa? karena memumbazirkan makanan, tapi mau gimana lagi? itu sudah kebiasaan masyarakat setempat.kalau dirumahku tidak begitu sih! orang-orang rumahku biasanya pergi piknik ke suatu tempat sambil membawa ketupat dan masak-masakan khas daerah. atau makan ketupat bersama keluarga besar, yach..sekalian nyambung silaturrahmi seperti aku ini hehe. okey.. hari ini aku dan keluargaku tidak pergi liburan kepantai atau kemana aja untuk makan ketupat sama keluarga soalnya aku memang males pergi hari ini. kenapa? karena hari ini  dimanapun tempat wisata bakalan ramai dan macet apalagi didaerah senggigi. nggak ada ruginya diam dirumah aja soalnya aku  seneng bisa nunggu berkat dari bapak yang di undang hajatan oleh perkumpulan masyarakat hihihi (dasar tukang makan!). habiis..berkatnya itu buaaanyak banget!! paling sedikitnya tas kresek merah itu. dan bagian buahan-buahan adalah tempat mataku beraksi seperti lampu sorot wkwkwk.

              oh..ya adat baru dirumahku di ciptakan oleh sekolompok anak-anak kecil yach..anak-anak SD kelas 4 atau 5, dimana malam lebaran ketupat itu mereka takbiran sambil membawa miniatur masjid yang lengkap dengan lampunya. dan mereka keliling kampung membawa masjid itu sambil mebaca takbir, padahal takbiran itu diadakan pas malem lebaran idul fitri. tapi begitulah anak-anak mereka senang meramaikan suasana. tapi aku salut lho ! sama mereka, karena mereka sekecil itu sudah kreatif. mereka itu sudah membuat tim selayaknya orang dewasa kemudian membuat miniatur masjid dengan memakai triplek dan yang lainnya. selain itu mereka menyalakan lampu dengan dinamo. pokoknya kreatif deh !,  iya udah sampai sini aja.. aku cerita tentang lebaran ketupat soalnya aku mau makan ketupat dulu hehe, mau? kalau kalian mau, dateng aja ke lombok tahun depan buat liburan. bagi kalian yang rumahnya di luar daerah lombok sih .. hehe


Sabtu, 02 Agustus 2014

Sahabat Yang Tak Dikenal



                                               
Sahabat Yang Tak Di Kenal
           
“ laena...!!” panggil Ibu Ira kepada anaknya yang tengah asyik di depan laptop.
 “ Laenaaaa!! “ panggil ibunya dengan nada yang lebih tinggi lagi akan tetapi laena masih saja duduk di depan laptop seakan-akan tubuhnya tertempel oleh sebuah lem yang kuat. Kemudian dengan sedikit kesal ibu menghampiri laena ke dalam kamarnya. “ hmm pantes tidak mendengar panggilan ibu “ sambil tangannya melepas airphone yang menempel di telinga Laena, sontak saja Laena kaget dengan kedatangan  ibunya. “ ada apa bu..?” tanya Laena dengan heran.
            “ dari tadi ibu panggil,  ibu mau suruh kamu pergi beli garam di kios pak Adi “ sambil menghela nafas melihat tingkah laku anaknya.  akan tetapi Laena sedikit merasa aneh dengan keadaan rumahnya, sepi tidak seperti biasanya. Tapi dia tidak tahu letak keanehannya, dia hanya merasa ada sesuatu yang berubah dengan dunia ini. Laena mulai melangkahkan kakinya keluar kamar untuk membeli garam tiba-tiba dia mendengar suara tangis yang samar-samar di kamarnya. Sehingga dengan cepat dia menghampiri ibunya di dapur.
 “ ibu..ibu..!!” panggil Laena dengan raut wajah yang cemas.
 “ iya kenapa nak..” dengan menoleh ke belakang di tengah-tengah kesibukannya memasak.
“ tadi pas di kamar aku dengar ada suara orang nangis, apakah itu Aisya bu?”
 “ aisya? Adekmu kan pergi sekolah, dia tidak di sini “ jawab ibu dengan mengerenyitkan kening.
 “ lalu suara tangis siapa yang aku dengar tadi di kamar?” tanya Laena yang mulai merasa takut dan merinding.
  “ itu mungkin hanya perasaanmu nak.., atau suaranya berasal dari laptopmu, tadi ibu lihat kamu lagi nonton, mungkin laptopnya belum di matiin” jawab ibu sambil memotong wortel.
 “ ah..iya bu tadi aku lupa stop film di laptop hehe” sahut Laena dengan sedikit tertawa sambil menggaruk-garuk kepalanya yang tidak gatal untuk menahan malu. Ibunya hanya bisa menggeleng-gelengkan kepalanya melihat tingkah laku Laena.
                        Di perjalanan pulang Laena masih memikirkan suara tangisan itu, dia merasa bahwa suara itu tidak berasal dari film yang dia putar karena, film tersebut adalah film action. Dia terus memikirkannya sehingga membuat bulu kuduknya merinding.
 Ketika dia berada di depan rumahnya tiba-tiba dia menemukan gadis yang sebaya dengannya yang sedang menangis begitu saja di depan rumah dan suara itu mirip dengan suara yang Laena dengar di kamarnya tadi. Laena lansung menghampiri gadis itu dengan sedikit ragu.
 “ maaf ya.. kalau boleh tahu kenapa kamu menangis?” tanya Laena kepada gadis itu yang masih menyembunyikan wajahnya dengan tangannya dan terus menangis. Laena menjadi kasihan dan penasaran dengan apa yang terjadi sama gadis ini walaupun dia sedikit takut Laena mencoba menghampiri gadis itu. Karena dia pikir gadis itu adalah kuntilanak tapi tidak mungkin ada kuntilanak yang memakai jilbab. Kemudian Laena duduk di sampingnya, sambil berkata.
 “ tidak baik seorang perempuan menangis di tempat terbuka seperti ini, lebih baik ikut aku masuk ke dalam rumah. Kamu bisa cerita apa yang terjadi denganmu, walaupun kita belum kenal, siapa tahu aku dan keluargaku bisa membantumu”. Mendengar Laena berkata seperti itu, gadis itu mengangkat wajahnya dan Laena pun terkejut melihat wajah gadis tersebut karena ternyata gadis itu sangat cantik. Dengan mata yang berbentuk daun, bola mata yang indah berwarna hitam pekat namun pandangannya sangat jernih dan teduh walaupun di banjiri air mata. Wajah yang bulat, dan kulit putih yang sangat bersih bahkan lebih bersih dari susu. Terlebih lagi kecantikannya semakin bersinar karena pakainnya yang putih nan indah seperti putri bukan itu saja ,jilbab putih yang dia pakai juga membuatnya lebih terlihat anggun. Sehingga Laena bertanya-tanya dalam hatinya.
“apakah dia ini Bidadari yang jatuh dari surga? Ah..! kok aku jadi gombal ya.kayak lagunya coboy junior saja, kau bidadari jatuh dari surga di hadapanku eya.... haha “. Tiba-tiba gadis itu memecahkan lamunan Laena dengan memegang tangan Laena lalu berkata.
 “ iya aku ikut denganmu” jawab gadis itu dengan suara halus dan lembut sehingga membuat Laena terkesima apakah dia ini manusia atau bidadari karena baru kali ini dia melihat gadis yang sempurna seperti ini.
“ jika aku saja yang perempuan takjub melihat gadis ini , bagaimana dengan kaum adam ya..? apa mungkin dia kabur dari rumahnya karena mau di jodohkan atau karena terlalu banyak laki-laki yang mengejarnya? Ah...kayak ayam saja di kejar-kejar lebih baik aku tanyakan langsung kepadanya nanti apa yang membuatnya nangis seperti ini” kata Laena dalam hatinya sambil dia mengajak gadis itu masuk dan bertemu ibunya. Kemudian Laena menuju ke dapur untuk memberikan ibunya garam dan sekalian memberitahu kalau dia membawa tamu ke dalam rumah.
            “ bu tadi aku bertemu sama cewek nangis di depan rumah dan sekarang aku membawanya ke ruang tamu . Aku kasihan bu.., tidak apa-apakan? “  tanya Laena sambil memberikan garam yang dia beli.
 “ iya.., kamu perlakukan dia dengan yang baik, mungkin dia sedang ada masalah rumit sehingga membuatnya nangis seperti itu, ibu akan menyusul setelah menyiapkannya minuman dan makanan “ jawab ibu tersenyum sambil membelai kepala anaknya yang beraut cemas. Kemudian Laena menghampiri gadis itu dan tanpa basa-basi dia bertanya kepada gadis itu apa masalah yang sedang dia hadapi sehingga membuatnya nangis seperti.
 “ kamu kenapa sehingga kamu menangis seperti ini?” tanya Laena denga raut wajah sedih.
“ aku di tinggal oleh sahabatku yang sudah menjadi bagian dari diriku. Dia sekarang sudah lupa sama aku. Aku selalu menenangkan hatinya ketika dia ada masalah, melindunginya ketika dia dalam bahaya tapi dia malah lebih memperhatikan yang lainnya. Dia melupakanku..” jawab gadis itu dengan terisak-isak.
 “ memangnya sahabatmu laki-laki atau perempuan?” tanya Laena dengan penuh rasa penasaran.
 “ perempuan, aku sangat kecewa sama dia, dia mengabaikanku jangankan dia mau menyapaku, melihatku pun dia tidak mau, padahal aku akan selalu setia menemaninya sampai dia mati karena kita adalah satu. Aku berniat untuk pergi meninggalkannya “ . jawab gadis itu sambil menghapus air matanya.
 “ tega sekali sahabatmu itu, seharusnya dia bersyukur mendapatkan sahabat yang sangat baik seperti kamu. Kalau aku jadi dia aku tidak akan pernah mengabaikanmu, tapi kamu sedikit berlebihan masa kamu akan menemani sahabatmu sampai dia masuk ke liang lahat? Haha. Emangnya kamu mau satu kuburan sama sahabatmu itu? Bagaimana kalau kamu meninggal duluan? Atau kalau dia meninggal duluan apa kamu mau di kubur hidup-hidup?” kata Laena menggoda gadis itu sehingga membuatnya tersenyum.
 “ Laena.. temanmu lagi bersedih kok kamu malah tertawa?” tegur ibunya dari belakang sambil membawa minuman dan kue untuk gadis itu.
 “ ibu..?? ibu cantik sekali..dari mana ibu mendapatkan baju yang seindah itu? Terus dalam rangka apa ibu berpakaian seperti ini?” tanya Laena dengan sedikit heran campur senang. Akan tetapi ibunya tidak menjawab apa-apa dia hanya tersenyum sambil menyuguhkan makanan.
 “ ah.. jangan-jangan mau menyambut ayah pulang kerja dari luar kota ya..? makanya berdandan secantik ini. Cie...ibu” kata Laena menggoda ibunya, namun ibunya tetap tidak mengatakan apa-apa dia hanya mencubit pipi anaknya dengan gemas kemudian pamit ke gadis itu untuk kembali ke dapur.
 “ ibumu sangat cantik menggunakan pakaian itu, kalau bukan karena aku ibumu tidak akan bisa berpakaian seperti itu, masa kamu tega melepaskan pakaian itu dari ibumu Laena?”  tanya gadis itu dengan tatapan yang tajam.
 “ kamu tahu namaku? Dari mana kamu tahu namaku? Kita kan belum kenalan atau apakah kita sudah saling kenal?” tanya Laena dengan perasaan terkejut dan gelisah.
   kita bukan kenal lagi tapi kita adalah satu. Karena kamu mengabaikanku jadi kamu tidak mengenali aku ini siapa” jawab gadis itu. Laena pun semakin heran dan tiba dia merasa sedih dan terus memandang wajah gadis itu dengan lekat.
 “ jangan-jangan sahabat yang kamu maksud itu aku?” tanya Laena dengan perasaan sesak.
 “ iya itu kamu, aku datang ke sini karena aku mau pamit pergi dari kamu. Aku harap kamu menyadarinya “ jawab gadis itu mulai menitikkan air mata. Tidak terasa Laena mulai meneteskan air mata, secara perlahan-lahan dia mulai tahu siapa gadis itu. Dia mulai memperhatikan setiap lekuk wajah gadis itu, dan tiba-tiba Laena memegang tangan gadis itu dengan erat.
 “ jangan pergi! Ku mohon jangan tinggalkan aku! Maafkan aku.. “  pinta Laena dengan menangis terisak-isak. Gadis itu mulai berdiri dan mengajak Laena ke depan cermin.
 “ lihatlah dirimu yang sekarang..!, karena kamu sudah mengabaikan dan melupakanku kamu tidak mengenal dirimu sendiri, kamu tidak mengenalku bahwa aku adalah kamu juga” kata gadis itu.
 “ kamu benar wajah kita sama tapi aku tidak mengenal diriku sendiri, aku lebih kurus dan hitam di banding kamu padahal kita sama dan kita satu, jadi jangan tinggalkan aku. Aku akan memperbaiki semuanya.” Jawab Laena sambil menangis terisak-isak di depan cermin, lalu gadis itu mulai melepaskan tangan Laena. Dan  melangkahkan kakinya dengan pelan, gadis itu mulai meninggalkan Laena yang masih terpaku di depan cermin.
 “ ku mohon jangan pergi,..! jangan tinggalkan aku “  teriak laena sambil menangis kemudian dia memanggil ibunya untuk menahan gadis itu. Ketika ibunya datang laena kaget karena pakaian bagus yang di pakai ibunya berganti menjadi pakaian jelek dan kotor. Wajah ibunya terlihat tua , kusam dan keriput. Laena langsung mengejar gadis itu sambil mengatakan “ jangan pergi..!jangan pergi ! maafkan aku..! “
  “ laena..laena bangun nak..shalat subuh!” suara itu membangunkan Laena dari mimpi buruknya. Ketika dia bangun, dia masih merasakan air matanya menetes, mimpinya tadi seperti nyata.
 “ kamu mimpi apa nak..? kok sampai mengigau bilang jangan pergi sambil menangis. Lihat bantalmu basah gara-gara air matamu itu” . kata  ibunya dengan cemas. Tiba-tiba Laena langsung memeluk ibunya sambil berkata.
 “ ibu hafalanku..bu.., hafalanku” sambil menangis tersiak-isak
 “ kenapa dengan hafalanmu nak..kamu mimpi apa?” tanya ibunya dengan cemas.
 “ katanya dia mau pergi, gara-gara aku tidak pernah muraja’ah, selain wajah ibu menjadi kerut, hitam dan kusam setelah dia mengambil baju yang di pakai sama ibu” cerita Laena kepada ibunya.
 “ makanya sekarang kamu harus tetap mengulangi hafalanmu walaupun kamu sibuk dengan tugas kuliahmu, karena hafalan itu adalah sebuah nikmat yang tidak semua manusia bisa mendapatkannya. Karena hafalanmu banyak yang hilang maka baju kehormatan buat ibu dan ayah di akhirat nanti di cabut olehnya. Apakah di akhirat nanti kamu mau melihat ibu seperti di dalam mimpimu itu? “ kata ibunya dengan lemah lembut sambil membelai Laena.
 “ tidak bu.., aku janji aku akan rajin mengulang hafalanku sekarang, aku akan berusaha mengatur waktuku dan mengurangi hal-hal yang menyebabkan hafalanku hilang” jawab Laena yang masih dalam keadaan sedih.

Senin, 21 Juli 2014

Lomba cerpen faber castel







Hobi nulis? Ingin tulisanmu dibaca dan menginspirasi banyak orang? Yuk, ikutan “Lomba Cerpen Faber-Castell 2014”. Tuangkan imajinasimu tentang “Best Adventure” dalam bentuk cerpen dan rebut hadiah jutaan Rupiah! Cerpen pemenang akan diterbitkan lho! Saatnya kamu berkarya, saatnya tulisanmu yang dibaca!
MEKANISME LOMBA
1.  Lomba terbuka untuk 3 kategori usia :
    A. 15-20 th
    B. 20-30 th
    C. >30 th
2. Peserta tidak dipungut biaya apapun
3. Tema Cerpen : Best Adventure
4. Syarat dan ketentuan
  • Cerpen ditulis tangan dan harus diberi judul. Tulisan harus jelas dan terbaca.
  • Panjang cerpen maksimal4 halaman A4. Kolom kode diisi dengan kode kategori usia seperti tertera pada no.1.
  • Donwload dan cetak kertas untuk menulisatau dapatkan dari paket sisipan majalah Gogirl! edisi Mei 2014. Kertas juga boleh difotokopi.
  • Gunakan pulpen seri Grip X dari Faber-Castell untuk menulis cerpen. Buktikan dengan menyertakan foto kamu saat sedang menulis cerpen dengan pulpen Faber-Castell.
  • Cerpen merupakan karya asli peserta dan bukan hasil plagiarisme sertabelum pernah dimuat di media cetak maupun online manapun. Konten tidak bermuatan unsur SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan), pornografi dan politik.
  • Peserta dapat mengikutsertakan maksimal 3 cerpen karyanya.
  • Hasil penjurian Lomba Cerpen Faber-Castell tidak dapat digangggu gugat. Tiap cerpen yang diterima panitia sepenuhnya menjadi hak milik PT Faber-Castell International Indonesia.
  • Cerpen yang tidak diunggah (upload) ke website serta tidak memenuhi syarat dan ketentuan tidak akan diikutsertakan dalam proses penjurian.
  • Pemenang wajib menyerahkan bukti struk pembelian pulpen Grip X Faber-Castell yang digunakan.
5. Cerpen dikirimkan dengan cara sebagai berikut :
  • Registrasi di www.lombacerpen.com
  • Aktivasi akun dengan mengikuti langkah yang dikirimkan ke email peserta. Gunakan akun yang sudah diaktivasi untuk log in.
  • Scancerpen yang telah selesai ditulis.
  • format : JPEG dan size max 1 MB/image
  • Unggah cerpen dan bukti foto penggunaan pulpen Faber-Castell dalam menulis cerpen. Cek status pengunggahan cerpen di tab Galeri.
  • Unggah juga cerpen ke FacebookFaber-Castell International Indonesia dan kumpulkan LIKE sebanyak mungkin untuk menjadi pemenangCerpen Favorit.
         * batas akhir pengumpulan LIKE sama dengan batas akhir penerimaan cerpen di website
6.  Batas akhir penerimaan cerpen: 10 Agustus 2014 pukul23.59 WIB.
     * Pengumuman pemenang Lomba Cerpen Faber-Castell: akhir September 2014.
7. Tim juri:
  • Trinity (Penulis The Naked Traveler)
    Nina Moran (Founder dan CEO majalah Gogirl!)
    Intan Savitri (Dewan Pertimbangan Forum Lingkar Pena)
8. Hadiah:
Masing-masing pemenang per kategori usia mendapatkan:
  • Juara 1: Uang tunai Rp 7.500.000,- + Goodie bag product Faber-Castell
  • Juara 2: Uang tunai Rp 5.000.000,- + Goodie bag product Faber-Castell
  • Juara 3: Uang tunai Rp 2.500.000,- + Goodie bag product Faber-Castell
Hadiah lainnya :
  • 1 Cerpen dengan Tulisan Tangan Terindah : Rp 1.000.000,- + Goodie bag product Faber-Castell
  • 1 Cerpen Favorit (mendapatkan LIKE terbanyak di Facebook) : Rp 1.000.000,- + Goodie bag product Faber-Castell
  • +Cerpen pemenang akan diterbitkan!
9. Kriteria Penilaian:
  • Orisinalitas
  • Kekuatan perwatakan/penokohan
  • Kreativitas pengolahan ide cerita (petualangan)
  • Kedalaman pesan moral/sosial cerita
  • Keindahan penuturan, penggunaan diksi dan kesesuaian dengan kaidah bahasa Indonesia (EYD)
Informasi lebih lanjut : http://www.lombacerpen.com/